Tuesday, June 11, 2013

5 Tips Untuk Memotivasi Diri By Ippho Santosa

Assalamu’alaikum wr wb
Postingan kali ini saya mau menyebarkan video acara Pintu Rezeki. Acara kali ini dibawakan oleh mas Ippho Santosa, pengarang buku bestseller 7 Keajaiban Rezeki. Topik yang dibahas oleh mas Ippho di video ini mengenai “Motivasi Diri”. Dalam videonya, mas Ippho mengatakan bahwa jika kita melakukan tips-tips yang diberikan oleh beliau, maka Insya Allah, diri kita ini akan selalu termotivasi tanpa perlu bantuan para motivator, trainer, ustadz dan faktor luar lainnya. Total ada 5 tips yang bisa kita terapkan sehari-hari.
Berikut saya coba summary-kan tips dari beliau
1. Ubah gaya pakaian
Misalnya yang tadinya suka menggunakan pakaian yang gelap coba diganti jadi warna yang terang menyala. Atau yang suka pakai kaos coba sesekali ganti pakai kemeja. Oh ya, faktor warna ternyata juga bisa mempengaruhi semangat juang. Biasanya kalau lihat warna menyala seperti merah atau orange jadi lebih semangat.
2. Ubah gaya rambut
Misalnya yang tadinya belah pinggir kanan coba diganti jadi belah pinggir kiri. Yang biasanya botak coba dipanjangin. Yang tadinya klimis coba dibuat jadi mohawk. Hehe.
3. Mempercepat langkah kaki
Saat berjalan, coba langkah kaki kita dipercepat layaknya kita bergegas. Ternyata hal ini bisa mempengaruhi semangat kita juga. Mudah2an kita bisa juga meniru cara Rasulullah berjalan
“Rasulullah Shallallahu alaihi Wasallam orangnya berpostur sedang, tidak tinggi ataupun pendek, fisiknya bagus. Warna kulitnya kecoklatan. Rambutnya tidak keriting, juga tidak lurus. Apabila berjalan, beliau berjalan dengan tegak (Hadist Shahih asy-syamail no 2)
4. STOP mendengar lagu2 cengeng
Kebiasaan buruk orang Indonesia adalah suka mendengar lagu2 cengeng atau melow. Mendengar lagu cengeng ternyata bisa membuat produksi hormon serotonin berkurang. Hormon serotonin adalah hormon yang berfungsi mengontrol mood atau suasana hati. Kalau hormon ini berkurang maka bisa menyebabkan rasa cemas, tertekan, fobia, pesimistis, gelisah, tidak percaya diri, mudah marah, murung, dsb (sumber: detikHealth). Oleh karena itu, ada baiknya kita mengganti lagu2 tersebut dengan lagu lain yang beat-nya cepat dan liriknya positif misalnya seperti lagunya I believe I can Fly.
5. STOP menonton tayangan2 kriminal
Tayangan negatif adalah rajanya berita di Indonesia. BAD news is GOOD news. Makanya saya termasuk jarang nonton tv. Isinya pasti berita kriminal, huru hara, demonstrasi, dan hal2 ga penting lainnya untuk diberitakan. Sama seperti mendengar lagu cengeng tadi, aktivitas ini bisa menyebabkan produksi hormon serotonin berkurang. Ada baiknya kita ganti dengan menonton tayangan yang lebih positif seperti Kick Andy dan Mario Teguh Golden Ways.
Demikian 5 tips yang diberikan oleh mas Ippho Santosa. Penasaran lihat videonya? Yuuk, mari kita

No comments: